Benarkah Dunia Panggung Sandiwara !?

Benarkah Dunia Panggung Sandiwara !? – Kenapa ada yang menyebut dunia ini panggung sandiwara? Karena memang ceritanya diperankan oleh kita manusia. Sifat yang berbeda, karakter yang berbeda dan semuanya berbeda.

Terkadang memang aneh ya.. Contohnya begini, jika ada dua orang yang berbeda sifat saling berlawanan. Kita sebut saja antara api dan air, mereka berdua saling adu pendapat yang paling benar dan yang paling hebat.

Tidak ada yang mau terkalahkan, kedua duanya sama sama keras.

Si air bilang A, dan si api bilang B. Padahal mungkin.. Jika mereka saling bertukar tempat atau peran, yang air jadi api dan si api jadi air mungkin kedua-duanya juga akan tetap dengan peran masing-masing ya kan..

Seperti itulah yang sering terjadi di kehidupan ini. Ada kalanya terjadi perbedaan pendapat diantara manusia. Yang bisa menimbulkan suatu perdebatan.

Baca juga : Kisah Tragisnya Orang Sombong si Pegawai, dan Rezeki si Pekebun yang Baik Hati

Padahal karena memang semuanya sudah ada peran masing-masing, ibaratnya berperan di dunia panggung sandiwara, bukan !?

apa yang ditanam itu yang dituai

Memang tidak ada manusia yang sempurna, tapi kita manusia ciptaan Tuhan yang paling sempurna dari ciptaan lainnya karena kita punya akal dan pikiran yang lebih dari ciptaan lainnya, maka dari itu kita harus bisa menentukan pilihan apa yang harus kita perankan, peran baik atau peran jahat.

Tentunya kalau peran jahat akan menuai yang jahat juga, peran baik akan menuai yang baik juga. Seperti ibarat hukum tabur tuai, apa yang ditanam itulah yang dituai.

Kembali pada yang dibahas tadi, tentang api dan air. Mereka berdua sama sama berpikiran berperan yang baik, dan seolah olah benar semua. Kalau sudah begini ceritanya biarlah yang diatas yang menjadi penilainya.
Yang penting kita sebagai manusia melakukan yang terbaik untuk orang terdekat kita terlebih dahulu, seperti pada keluarga, kemudian saudara baru teman dan lingkungan, juga bangsa dan negara.

Untuk urusan soal penghakiman atau penilaian, kita serahkan saja pada-Nya. Karena dialah yang maha tahu, maha adil, dan yang punya semuanya atas segala sesuatu yang ada di dunia ini.

Bajca juga : Apa Yang Ditanam Itu Yang Dituai

Jadi benarkah ini dunia panggung sandiwara? jawabannya, itu hanya perumpamaan saja, dan semua tahu sesungguhnya dunia ini adalah milik Tuhan, dan yang punya hanya Dia, dan segala isinya. Segala sesuatu yang ada di muka bumi ini adalah ciptaan-Nya. Dia yang berkuasa atas semuanya.

Semua yang terjadi adalah sesuai rencana-Nya, manusia hanya bisa berusaha dan melakukan yang terbaik semampunya. Untuk segala keputusan ada di tangannya.

Istilah dunia panggung sandiwara juga bisa menjadi suatu motivasi untuk kita manusia, misalnya saat manusia merasakan kegembiraan mungkin kita menikmati rasa bahagia itu tanpa ada protes atau mengeluh sama sekali, tapi terkadang saat manusia sedikit saja bersedih atau punya suatu masalah apalagi mendapat musibah besar, bisa saja langsung protes atau mengeluh.

Disinilah kita harus mengingat istilah ini, dunia panggung sandiwara. Jadi, saat pikiran kita mengingat hal itu, kita bisa tahu memang seperti itulah kehidupan di dunia ini. Ada peran nya, ada naik turunnya sesuatu, ada perubahan suatu hal, bisa saja sekarang kita merasa senang besok sedih, sekarang damai besok kacau, dst..

Jadi kita paham memang selama hidup di istilah “dunia panggung sandiwara” semua rasa akan kita alami secara bergantian, dan liku-liku kehidupan ini akan terus berjalan selama hidup.

Jangan terlalu berlebihan dalam menikmati suka kehidupan ini, dan jangan terlalu mudah menyerah atas duka yang terjadi, baik buruknya yang terjadi semuanya pasti ada hikmat nya.

Kita jalanilah apa adanya hidup ini tentunya dengan kebaikan. Kita ikuti arah hidup masing-masing sesuai takdir dan rencana-Nya.

Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Share:

Leave a Comment