10 Ciri-ciri Teman Jahat, Apakah Anda Termasuk?

0
71
ciri-ciri teman jahat

10 Ciri-ciri Teman Jahat, Apakah Anda Termasuk? – Dalam hal pertemanan sudah sepantasnya kita harus berbuat baik pada siapapun, apalagi sama teman sendiri janganlah berbuat yang jahat. Karena hubungan pertemanan maupun persahabatan sangat diperlukan dalam hidup ini. Karena kita tidak tahu suatu saat kita butuh pertolongan orang lain yaitu teman kita sendiri.

Terkadang dalam hal pertemanan atau pun persahabatan kita sering menemukan teman yang jahat dan teman yang baik. Tapi jangan salah menilai juga ya, Anda harus mengetahui teman yang baik dan jahat itu. Jadi Anda bisa berhati-hati saat bersama mereka jika teman Anda jahat. Kalau Anda mau tahu ciri-ciri teman yang jahat itu simak penjelasan sebagai berikut ini.

1. Disaat Dibutuhkan Dia Tidak Ada

apa yang ditanam itu yang dituai

Yang namanya berteman haruslah saling tolong menolong, janganlah hanya datang disaat membutuhkan saja. Itu namanya teman yang jahat, kalau teman yang baik itu ada disaat kita butuh, kebalikan dari teman yang jahat. Berarti kalau ia ada disaat dia sendiri butuh bisa dibilang ia hanya mementingkan dirinya sendiri saja dan tidak mementingkan kepentingan orang lain.

Teman yang jahat juga bisa mengandalkan segala cara agar keinginannya terpenuhi dan mengesampingkan keinginan orang lain bahkan temannya sendiri.

- Advertisement -

Jadi, jika Anda punya sifat teman yang tidak ada disaat Anda butuh, ini merupakan ciri-ciri teman yang jahat. Berhati-hatilah saat bersama dia, karena mereka yang jahat tidak peduli bagaimana perasaan temannya sendiri, ia yang jahat hanya mementingkan kesenangannya sendiri saja.

Baca juga : Kenali Sekarang, 8 Ciri-ciri Pria Tidak Bertanggung Jawab

2. Menceritakan Keburukan Temannya Pada Orang Lain

Kalau kita punya teman yang suka menceritakan keburukan kita pada orang lain itu merupakan sifat teman yang jahat. Masa teman sendiri diceritakan, jika ia hanya berbuat baik saja di depan Anda,dan dibelakang suka memburuk-burukkan Anda, sudah tidak sepantasnya Anda menjadikannya sahabat.

Berhati-hatilah jika punya teman seperti itu. Janganlah terlalu kompak sama teman yang punya sifat seperti itu, nanti Anda bisa rugi karena nama baik Anda bisa diperburuk-buruk pada yang lain, bahkan bisa menceritakan aib Anda juga.

Baca juga : 6 Cara Melupakan Seseorang dengan Cepat

3. Tidak Pernah Membela

teman jahat dan orang malas

Hubungan pertemanan maupun persahabatan haruslah saling menguatkan dan saling menopang. Pernahkah teman Anda disaat Anda salah paham pada seseorang dan saat itu juga teman Anda tidak membela Anda sedikitpun? Kalau iya, berarti teman Anda tersebut bukan teman yang baik tapi merupakan ciri-ciri teman yang jahat.

Jika ia teman yang baik paling sedikit bisa menjadi penengah diantara temannya yang lagi salah paham. Bukan justru ikut memojokkan atau malah sengaja diam supaya Anda bertengkar.

Jika teman Anda jahatnya seperti ini janganlah terlalu dekat padanya. Bertemanlah hanya sekedar saja supaya nantinya Anda tidak sakit hati padanya.

Baca juga : Tips Mengatasi Hubungan Yang Jenuh Dengan Pacar

4. Tidak Pernah Menolong

Dalam suatu pertemanan haruslah ada sifat saling tolong-menolong. Janganlah hanya ingin ditolong saja, kalau hanya ingin ditolong berarti bukan teman yang baik namanya tapi teman yang jahat. Sifat seorang teman yang jahat itu egois, ia hanya mementingkan dirinya sendiri, tapi tidak pernah bisa memikirkan kebutuhan orang lain. Teman yang jahat itu hanya ada saat mau ditolong dan bisa sangat baik jika sangat butuh pertolongan pada kita.

5. Bersifat SMS

Ciri-ciri teman yang jahat itu juga punya sifat SMS, Senang Melihat orang Susah, dan Susah Melihat orang Senang. Kalau punya teman seperti ini sebaiknya janganlah terlalu kompak padanya bersikaplah biasa saja.

Apabila Anda sudah mengetahui sifat teman Anda seperti itu lebih baik janganlah mengharapkan kebaikan darinya, karena teman yang bersifat SMS itu, cenderung punya sifat iri. Seperti inilah orang jahat itu suka iri, orang yang tidak mensyukuri apa yang ada padanya.

6. Memutar Balikkan Fakta Kebenaran

marah

Orang yang jahat itu bisa dan tega memutar balikkan suatu fakta yang benar, supaya bertujuan untuk mendapatkan untung bagi dirinya sendiri. Misalnya ia sudah jelas-jelas berbuat salah pada seseorang, tapi tidak mau mengakui malah memutar balikkan suatu hal, supaya ia menjadi orang yang bersih kelakuannya dan orang lainlah yang bersalah.

Bisa juga ibarat “cuci tangan”. Yang artinya lepas dari masalah padahal dia sendiri yang berbuat tapi bisa memutar balikkan kejadian sesungguhnya supaya kelakuannya terlihat benar dan melemparkan kesalahan pada temannya sendiri. Jahat sekali bukan?

Baca juga : Apa Yang Ditanam Itu Yang Dituai

7. Tidak Mendukung

Kalau Anda punya teman yang tidak pernah sama sekali mendukung Anda dalam melakukan suatu hal, tapi tentunya dengan jalan yang benar pastinya, maka ia itu termasuk teman yang jahat.

Seharusnya teman yang baik itu memberikan dorongan yang positif pada temannya supaya semangat. Punya teman seperti ini sebaiknya janganlah terlalu kompak padanya, karena bisa mematahkan semangat orang lain karena itu tadi punya sifat SMS.

Bisa berteman tapi hanya sekedar saja. Supaya tidak memberikan energi yang negatif pada kita. Punya teman apalagi sahabat harus bisa saling mendukung satu sama lain itulah teman yang baik. Kalau sebaliknya, teman yang hanya ingin menjatuhkan semangat kita saja tidak usah terlalu ditanggapi karena sifat jahat seperti ini akan bisa merusak kebahagiaan hati temannya karena jahatnya.

Ciri-ciri teman yang jahat seperti ini haruslah kita pahami dengan benar, supaya kita bisa tahu mana yang seharusnya jadi teman dekat kita.

Baca juga : Ciri-ciri Calon Suami Setia Yang Mesti Anda Ketahui

8. Sifatnya Egois

Jika Anda punya teman yang sifatnya hanya mementingkan kepentingannya sendiri berarti ia seorang teman yang egois. Teman yang bersifat egois bisa dibilang jahat, karena tidak mau atau tidak pernah memikirkan perasaan teman atau orang lain.

Teman yang baik itu seharusnya saling mengerti apa kebutuhan temannya bukan hanya sekedar menuntut kebutuhannya sendiri.

9. Tidak Mau Berkorban

Dalam hal pertemanan juga butuh yang namanya pengorbanan, teman yang baik itu mau berkorban untuk sahabatnya.

Misalnya saat Anda mau mengadakan suatu acara dirumah dan butuh pertolongan teman untuk memasak atau memperlengkapi hal yang berkaitan dalam acara tersebut, dan pada saat itu teman yang Anda harapkan untuk membantu ada urusan yang masih bisa juga besoknya dikerjakan.

Kalau ia teman yang baik, pastinya akan menunda urusannya tersebut. Karena memang masih bisa dikerjakan besoknya, tapi kalau ia memilih tetap sibuk dengan urusannya berarti ia sama sekali tidak mau berkorban. Ini juga merupakan ciri-ciri teman yang jahat.

10. Saat Duka Tidak Ada, Saat Bersukaria Ada

Sama halnya dengan sifat SMS, seorang teman yang jahat itu ada hanya saat bersukaria, dan tidak ada saat berduka. Kalau sebagai sahabat haruslah bisa saling berbagi duka dan suka. Sama-sama bisa merasakan suka dan duka.

Karena suatu saat dalam hal pertemanan apalagi jika tempat tinggal masih dekat juga masih saudara kita, suatu saat pasti akan saling membutuhkan pertolongan. Hendaklah kita saling berbagi suka dan duka bersama dalam hal pertemanan maupun persahabatan juga.

Baca juga : Ternyata Begini, 7 Ciri-Ciri Pria Serius Ingin Menikahi Anda

Seperti itulah 10 ciri-ciri teman yang jahat yang perlu Anda ketahui. Jika kita berteman sebaiknya kita harus sama-sama berbuat baik, karena suatu saat jika butuh pertolongan maka kita pun bisa saling bergantian. Karena memang hidup ini tidak bisa sendiri, harus punya teman, sahabat, saudara dan orang lain juga, jadilah orang baik, jangan berbuat jahat apalagi disengaja.

Sejatinya manusia saling membutuhkan. Tidak perlu menuntut balas atas kebaikan kita pada orang yang kita tolong, yakinlah suatu saat Tuhan juga akan memberikan pertolongan bagi kita yang sering menolong orang lain, walaupun dengan bentuk pertolongan yang lain.

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini