10 Ciri-ciri Teman Munafik Yang Harus Anda Tahu

10 Ciri-ciri Teman Munafik Yang Harus Anda Tahu – Semua orang pastinya tidak menginginkan sifat yang munafik, apalagi mempunyai teman yang sifatnya munafik, jika mempunyai teman yang sifatnya munafik akan bisa menimbulkan perasaan jengkel dan menyebalkan pada teman atau orang sekitarnya.

Mungkin Anda mempunyai teman yang sering membuat Anda jengkel, tapi Anda bingung atau tidak tahu sifatnya seperti apa, apakah munafik atau bukan? Berikut ini beberapa contoh ciri-ciri teman yang munafik.

1. Baik di Depan Kita Tapi di Belakang Menusuk

Baik di depan tapi di belakang menusuk, itulah ciri-ciri teman yang munafik yang pertama. Pernahkan teman Anda seperti itu? Kalau Anda punya teman di depan Anda kompak tapi di belakang suka menceritakan keburukan Anda, itu merupakan teman yang tidak baik alias munafik.

Janganlah menceritakan rahasia Anda padanya. Karena sewaktu-waktu ia bisa menceritakannya pada orang lain. Bahaya bukan? Boleh saja berteman kepada orang munafik seperti itu, tapi Anda harus hati-hati. Ini karena mereka tidak bisa dipercaya, ibarat punya topeng, topengnya baik dan cantik/ganteng tapi aslinya atau hatinya jelek.

Baca juga : Kenali Sekarang, 8 Ciri-ciri Pria Tidak Bertanggung Jawab

2. Sering Berdusta

teman munafik

Memang yang namanya teman yang munafik itu sangatlah menjengkelkan, jika ia sering menceritakan orang lain di depan Anda, kira-kira seperti itulah bagaimana Anda diceritakannya pada orang lain.

Yang lebih parahnya orang yang munafik itu sering berdusta. Ia bisa menceritakan keburukan orang lain dan sekaligus menambah-nambahkan sesuatu hal supaya ceritanya benar-benar serius dan meyakinkan. Jadi jika Anda punya teman demikian, banyak cerita dan sering berdusta tentang suatu hal itu merupakan ciri-ciri orang yang munafik.

3. Ingin Sekali Mengetahui Rahasia Orang

Ciri teman munafik itu ingin sekali mengetahui apa saja tentang orang lain, termasuk teman nya sendiri. Yang namanya berteman atau bersahabat bukan berarti semua rahasia kita diketahui oleh teman atau sahabat kita. Kecuali jika kita sendiri yang mau menceritakan nya padanya.

Jadi, jangan beritahukan semua hal pada teman yang sangat ingin mengetahui apa saja tentang Anda. Bisa jadi nanti rahasia Anda akan diceritakan pada orang lain. Lebih baik Anda cerita seadanya dan jangan terlalu percaya padanya.

4. Pintar Mengambil Hati

Teman yang munafik itu pintar mengambil hati, apalagi sudah ada maunya. Sebisa mungkin ia bisa merayu sangat hebat supaya keinginannya terpenuhi. Ia bisa sangat baik sekali pada kita jika ada maunya. Setelah apa yang diinginkan tercapai ia bersikap biasa saja.

Jika teman Anda seperti ini bijaklah menghadapinya. Jangan biarkan ia seenaknya saja dalam berteman dan jangan biarkan ia menguasai Anda. Yang namanya berteman itu harusnya saling memberi bukan hanya menerima saja.

5. Jika Melihat Kelebihan Temannya Dia Iri

wanita sombong

Misalnya Anda punya teman dan sudah kompak. Kemanapun sering bersama, dan saling bercerita. Pas Anda memakai sesuatu yang mungkin dia suka atau dia tidak memilikinya maka ia bisa iri pada Anda, ini juga ciri-ciri teman yang munafik, seharusnya kalau teman yang baik itu tidak usahlah iri pada sahabatnya. Yang namanya tiap-tiap orangkan punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Baca juga : 10 Ciri-ciri Teman Jahat, Apakah Anda Termasuk?

6. Tidak Mau Mendengarkan dan Hanya Ingin Didengarkan

Ada saatnya mendengar dan ada saatnya didengarkan, begitulah seharusnya dalam hal pertemanan ataupun persahabatan. Jika teman Anda hanya ingin didengar tapi tidak mau mendengarkan berarti teman Anda itu munafik dan juga egois.

Bisa jadi saat ia punya masalah atau kebahagiaan dia datang pada Anda hanya untuk bercerita saja. Dan kalau ia pun mau mendengarkan Anda hanya untuk mengetahui keburukan Anda saja, supaya ada bahan yang mau diceritakan pada orang lain. Parah bukan? Inilah sifat teman yang munafik itu.

7. Suka Mengadu Domba

marah

Ciri teman yang munafik itu suka mengadu domba. Artinya dia bisa saja baik pada si A, B, C, D tapi jika pada saat semuanya tidak bersama, teman yang munafik itu bisa memperburuk-buruk teman yang satu ke teman yang lain. Jadi seolah-olah ia sendiri yang benar-benar baik daripada semuanya.

8. Dia Terlalu Perhitungan

Kalau berteman janganlah terlalu perhitungan sekali. Kita harus ikhlas dalam memberikan sesuatu. Apa yang kita beri itu jangan diperhitungkan untuk kedepannya. Apa yang layak kita berikan harus tulus.

Lebih baik tidak memberikan sama sekali kalau dalam keadaan terpaksa atau memberikan tapi menuntut imbalan suatu saatnya, dan kalau perhitungan itu namanya teman munafik.

Memang benar ada saat memberi ada saat menerima tapi semua nya bukan berarti 1 banding 1 juga. Kalau seperti itu bukan memberi namanya tapi bisa dibilang simpanan yang suatu saat bisa diterima kembali. Teman yang baik tidak perhitungan tapi ikhlas memberi.

Kalau kita punya kelebihan misalnya berupa materi dari teman kita janganlah memberi jika suatu saat menuntut diterima kembali. Kalau menuntut kembali itu namanya perhitungan kecuali kalau hutang memang harus dibayar, kan bisa saja kita terima dalam bentuk yang lain dari teman atau dari yang lainnya. Atau kita percaya saja Tuhan akan membalas kebaikan kita, begitulah teman yang baik dan tulus.

9. Memuji Tapi Tidak Tulus

Teman yang baik itu harus benar-benar bisa membuat nyaman dan tidak risih. Kalau Anda mempunyai teman yang memuji tapi tidak tulus itu namanya orang munafik. Misalnya Anda bertemu, dan saat itu Anda memakai tas warna coklat, padahal tas Anda tidak begitu cantik atau bisa dibilang seadanya, tapi tiba-tiba teman Anda bilang, ” wah…cantik sekali tas kamu ya, aku suka sekali dengan warnanya”. Padahal kita sendiri juga sudah tahu kualitas tas kita saat itu. Itu namanya orang munafik.

Contoh lainnya, Anda berpenampilan rapi dan ia tidak karena suatu acara menuntut demikian, maka ia sama sekali tidak berkata apa-apa. Ini juga teman munafik, saat biasa saja dibilang cantik sekali, saat benar-benar lagi rapi tidak di komentari, begitulah ciri orang atau teman yang munafik itu.

10. Susah Melihat Orang Senang, Dan Senang Melihat Orang Susah

orang sombong

Teman seperti ini juga benar-benar munafik, saat temannya susah dia senang, saat temannya senang ia susah. Yang namanya manusia kan ada saatnya datang masalah ada saatnya biasa saja, dan ada saatnya senang, pasti semuanya akan datang situasi yang berganti-ganti.

Pada saat Anda lagi ada masalah teman Anda malah kelihatan senang berarti teman Anda itu bukan teman yang baik, kalau orang yang baik itu adalah jika teman, saudara atau sahabat kita punya masalah kita juga bisa merasakan hal yang serupa walau hanya dalam bentuk perhatian dan rasa simpatik.

Baca juga : Wajib Tahu, 10 Ciri-Ciri Orang Sombong Terparah Yang Tidak Disadari

Itulah beberapa ciri teman yang munafik yang perlu Anda ketahui, jika Anda sudah tahu bagaimana orang yang munafik itu, maka sebaiknya Anda harus waspada jika berteman dengan sifat orang seperti itu.

Memang sifat-sifat manusia berbeda-beda satu sama lain, yang pentingnya kita harus bisa mengetahui dengan baik bagaimana sifat teman kita. Boleh berteman dengan siapa saja termasuk sama orang yang munafik tapi bijaksanalah dalam pergaulan atau pertemanan pada mereka orang-orang yang munafik.

Bagikan Tulisan:

Tinggalkan komentar