7 Kunci Rahasia Hidup Bahagia Selalu Dunia Akhirat

7 Kunci Rahasia Hidup Bahagia Selalu Dunia Akhirat – Setiap orang tentunya ingin merasakan hidup yang bahagia. Ada berbagai cara dilakukan orang supaya memperoleh kebahagiaan, namun tidak semua yang mengetahui bahwa sebenarnya meraih kebahagiaan itu sangatlah mudah dan sederhana. Bahagia itu dapat dirasakan oleh siapa saja karena memang bahagia itu sebuah rasa yang dapat dirasakan oleh hati dan pikiran.

Terkadang orang yang kaya belum tentu hidupnya bahagia, sebaliknya orang yang hidupnya sederhana justru merekalah yang bahagia. Bahagia itu tidak sulit, jika Anda ingin mengetahui kunci hidup bahagia selalu, Anda dapat menyimak penjelasan dibawah ini.

1. Bersyukur

hidup bahagia

Bersyukur merupakan kunci hidup bahagia selalu yang pertama, orang yang selalu bersyukur dan jarang mengeluh hidupnya akan bahagia. Hidup jangan selalu bersungut-sungut, tetapi harus selalu bersyukur. Nikmati hidup Anda yang sekarang tentunya dengan hal-hal yang positif. Perbanyaklah bersyukur jika ingin hidup Anda bahagia. Syukuri apa yang sudah Anda miliki saat ini. Yang tidak ada bisa Anda usahakan. Beribu alasan untuk Anda supaya dapat selalu bersyukur.

Baca juga : Inilah Hal Yang Patut Kita Syukuri Dalam Hidup

Kehidupan seseorang tentunya berbeda-beda, tidak ada yang sama. Janganlah selalu membandingkan hidup Anda dengan yang lainnya. Jika Anda begitu terus maka Anda tidak akan pernah merasa puas. Karena memang di atas langit masih ada langit. Anda bisa saja melihat ke atas atau orang yang lebih kaya dari Anda untuk suatu motivasi, tetapi Anda juga harus melihat kebawah bahwa masih banyak orang yang kurang mampu. Jadi selalu lah bersyukur atas apa yang Anda miliki saat ini supaya hati dan pikiran Anda senantiasa bahagia selalu.

2. Mudah Memaafkan

Semua manusia di muka bumi ini pasti pernah melakukan kesalahan tanpa terkecuali. Tidak ada manusia yang sempurna. Semua punya masa lalu baik dan buruk. Jika Anda ingin mengetahui kunci hidup bahagia selalu, salah satunya dengan mudah memaafkan kesalahan. Janganlah selalu menyimpan kebencian di hati Anda. Buanglah rasa benci dan dendam pada diri Anda. Jika hati dan pikiran Anda selalu menyimpan banyak rasa benci dan dendam maka hidup Anda akan selalu dipenuhi dengan kepahitan.

Maafkanlah kesalahan orang dan juga kesalahan diri sendiri. Maka hati Anda akan senantiasa tenang dan damai. Buang iblis yang merasuki hati dan pikiran Anda. Perbanyaklah ibadah dan berdoa. Jika Anda mudah memaafkan maka Anda juga akan banyak disenangi oleh banyak orang, dan mereka pun akan menyukai orang baik seperti Anda. Orang yang mudah memaafkan itu mempunyai hati yang lembut dan tidak menyimpan rasa benci apalagi dendam. Dengan begitu Anda akan merasakan kebahagiaan sesungguhnya.

3. Saling Berbagi

saling berbagi

Berbagi juga salah satu kunci hidup untuk bahagia selalu. Jika Anda mau berbagi seperti halnya berupa berbagi materi kepada orang yang membutuhkan atau bersedekah akan membuat hati Anda senang. Anda juga akan melihat senyuman yang tulus dari orang yang Anda bantu.

Berbagi juga bisa dengan membagi ilmu pengetahuan. Bukan cuman itu berbagi juga bisa memberikan tenaga kita sendiri dengan cara membantu. Contoh kecilnya membantu ibu hamil yang sedang bawa beban, mau membantu kakek menyebrang jalan. Hal kecil itu akan membuat Anda bahagia, karena pertolongan yang kecil bisa berdampak besar bagi yang ditolong. Dengan membantu dan menolong sesama hati akan merasa bahagia karena bermanfaat bagi orang lain.

4. Jangan Cepat Marah

Kalau Anda ingin tahu kunci hidup bahagia selalu salah satunya yaitu janganlah cepat marah. Setiap orang pasti pernah merasa jengkel, kesal, hingga marah. Wajar memang, hal itu manusiawi. Tetapi jika Anda terlalu cepat marah, walau dengan hal yang sepele, ini akan membuat hati dan pikiran Anda tidak akan tenang. Wajah Anda akan sering kusam dan kusut. Dan tentunya akan berpengaruh pada kesehatan Anda juga.

Kalau ada sesuatu masalah atau hal yang membuat Anda ingin marah coba tenangkan hati dan pikiran Anda. Kontrol lah diri Anda, supaya lebih bisa bersabar dan menahan diri. Perbanyaklah tersenyum kepada orang. Nikmatilah hidup Anda dengan hal-hal yang positif. Dengan begitu Anda akan selalu merasakan kebahagian dan ketentraman hidup.

5. Hindarilah Permusuhan

permusuhan

Jika ingin hidup bahagia maka hindarilah permusuhan. Sebisa mungkin janganlah mencari musuh, sebaiknya perbanyaklah berteman. Dalam suatu hubungan sosial memang akan ada saatnya mengalami kesalahpahaman. Jika hal itu terjadi sebisa mungkin Anda harus bijaksana untuk menyelesaikan masalah yang ada. Supaya tidak terjadi pertengkaran yang akan mengakibatkan terjadinya permusuhan.

Jika Anda bermusuh hati Anda akan tidak tenang, fikiran akan kacau apabila bertemu dengan musuh Anda. Punya musuh juga akan berakibat seolah-olah Anda punya saingan dalam hidup ini. Maka dari itu, sebaiknya Anda harus menghindari yang namanya permusuhan. Berbuat baiklah selalu dan jangan menambah musuh. Itu merupakan kunci hidup yang bahagia dan selalu tentram.

6. Janganlah Iri dan Dengki

Semua manusia dimuka bumi ini mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Apa yang ada pada Anda belum tentu Ada di diri orang lain. Nikmati dan syukurilah hidup masing-masing. Perbanyak bersyukur dan janganlah pernah merasa iri dan dengki pada orang lain.

Jika iri dan dengki merasuk dalam hati Anda. Maka sudah bisa dipastikan Anda akan hidup menderita. Kenapa demikian? Karena sifat iri dan dengki itu merupakan penyakit hati. Anda akan selalu membandingkan hidup Anda dengan orang lain. Apapun yang Anda miliki jika Anda tidak pernah merasa bersyukur, dan selalu melihat kelebihan orang, maka sudah bisa dipastikan hidup Anda akan merasa kekurangan terus dan tidak akan bahagia. Karena diatas langit masih ada langit.

Baca juga : 7 Cara Menghadapi Orang Yang Iri Hati Dan Dengki ke Kita

Sifat iri dan dengki akan menggerogoti jiwa Anda sendiri dan Anda sendirilah yang rugi, bukan orang yang Anda irikan. Jadi sebaiknya buanglah jauh-jauh rasa iri dan dengki itu, itulah kuncinya agar hidup Anda bahagia.

7. Jangan Berprasangka buruk

bahagia

Orang yang selalu berprasangka buruk sejalan dengan pikiran negatif juga. Ia tidak akan mudah percaya pada orang lain. Orang yang baik sekalipun pasti akan selalu dicurigai. Jika Anda punya sifat seperti ini, tentunya hidup Anda akan selalu dipenuhi dengan hal-hal yang buruk dan hidup Anda akan selalu tidak tenang.

Bagaimana hidup bahagia jika hati dan pikiran Anda selalu tidak tenang dan berburuk sangka pada orang lain? Maka dari itu jika ingin hidup bahagia janganlah selalu berprasangka buruk pada orang lain. Perbanyaklah pikiran positif dan selalu melihat orang dari segi kebaikan. Tetapi bukan berarti kita harus selalu percaya pada semua orang juga yang belum dikenal, yang dimaksud disini jangan terlalu sering atau selalu berburuk sangka pada setiap hal terlebih pada orang lain. Bijaksanalah dalam hidup ini.

Hidup didunia ini hanyalah bersifat sementara, sebisa mungkin harus bermanfaat bagi orang lain. Hidup ini adalah kesempatan untuk berbuat baik, hidup adalah perjalanan yang harus ditempuh, hidup juga perjuangan untuk menang dalam melawan iblis, perjuangan untuk mengumpulkan bekal menuju surga-Nya.

Jadi nikmatilah hidup Anda dengan hal-hal yang positif. Jangan pernah terpengaruh ke hal yang negatif. Kunci hidup bahagia selalu itu sebenarnya terletak pada pikiran Anda sendiri. Jika Anda ingin bahagia maka pilihlah bahagia. Karena hidup bahagia itu adalah pilihan. Selamat berbahagia.

Share:

Leave a Comment