10 Tips Sukses Merantau, Untuk Sistem Kerja Kontrak

10 Tips Sukses Merantau, Untuk Sistem Kerja Kontrak – Di indonesia kita yang tercinta ini, sangat banyak perusahaan yang mempekerjakan karyawannya dengan sistem kontrak kerja. Walaupun demikian harus kita syukuri juga, karena dengan sistem kontrak kerja perusahaan tersebut sangat banyak membantu masyarakat yang membutuhkan pekerjaan. Tidak menutup kemungkinan, bekerja dengan sistem kontrak juga dapat meraih kesuksesan pada karyawannya.

Disini saya akan memberitahukan 10 tips sukses merantau untuk Anda. Terlebih kepada para perantau dari pedesaan ke perkotaan yang bekerja disebuah perusahaan dengan sistem kerja kontrakan. Langsung saja simak penjelasannya sebagai berikut :

1. Persiapkan Mental Yang Kuat

mental kuat

Persiapan mental yang kuat untuk Anda yang mau sukses merantau sangat lah penting. Jiwa perantau itu harus memiliki jiwa yang kuat dan pemberani. Karena Anda akan hidup di tempat yang berbeda dari sebelumnya. Jadi, Anda harus mempersiapkan mental Anda terlebih dahulu. Anda tidak boleh cengeng dan manja harus mempunyai jiwa yang tangguh dan pekerja keras.

Untuk persiapan yang lainnya seperti KTP, KK, Ijazah terakhir,SKCK, lengkap dengan berkas-berkas lainnya yang berhubungan dengan surat lamaran pekerjaan. Karena itu semua akan sangat diperlukan jika Anda mau melamar pekerjaan di kota tujuan Anda.

Tetapi Anda bisa juga melamar pekerjaan dari DEPNAKER terdekat rumah Anda. Keuntungan melamar dari DEPNAKER adalah Anda bisa langsung mengetahui berapa tahun Anda dikontrak dan di perusahaan mana Anda bekerja.

2. Pikirkan Dengan Matang Tujuan Anda Merantau

Sebelum Anda berangkat ke kota tempat tujuan Anda merantau, Anda harus memikirkan terlebih dahulu apa tujuan Anda pergi kesana. Tentunya bukan hanya sekedar bekerja atau hanya untuk mencari pengalaman bukan? Pengalaman bekerja memang sangat diperlukan untuk menambah wawasan Anda. Tetapi tujuan yang utama pastinya untuk mencari uang.

Jadikanlah tujuan Anda bekerja ini sebagai semangat buat Anda untuk melangkah ke depannya dan bisa sukses merantau. Anda harus memiliki tekad yang kuat di dalam diri Anda. Anda boleh bermimpi setinggi bintang di langit, jika Anda pulang dari perantauan maka Anda akan sukses. Raihlah mimpi Anda tentunya dengan jalan yang benar dan halal.

3. Bekerjalah Dengan Baik Dan Disiplin

sukses merantau

Apabila Anda sudah bekerja di perusahaan tempat Anda merantau, maka bekerjalah dengan baik dan disiplin. Anda harus mematuhi peraturan perusahaan tempat Anda bekerja. Setiap perusahaan mempunyai sistem kerja yang berbeda-beda. Ada yang sistem kerjanya 2 shift, pagi malam dan ada yang 3 shift, pagi siang dan malam.

Jika memang Anda shift pagi maka bangunlah dengan cepat, usahakan jangan terlambat. Begitu juga dengan shift siang dan malam harus selalu tepat waktu. Jika Anda melanggar peraturan perusahaan, maka Anda bisa dikeluarkan dari tempat Anda bekerja tersebut. Maka sia-sialah usaha Anda untuk bisa sukses. Jadi berusahalah untuk selalu menaati peraturan perusahaan tersebut.

Baca juga : 10 Tips Rahasia Menjadi Sukses Dan Kaya Raya

4. Selalu Menyadari Bahwa Anda Bekerja Diperusahaan Dengan Sistem Kontrak

Sistem kontrak kerja di setiap perusahaan itu tentunya berbeda-beda. Disini yang perlu Anda sadari dan harus Anda ingat yaitu Anda bekerja dengan kontrak kerja. Jadi, pergunakanlah kesempatan ini dengan sebaik mungkin. Jangan sampai Anda dipecat, karena perusahaan tidak mau melihat karyawannya yang malas bekerja.

Sistem kontrak di perusahaan mempunyai berbagai aturan yang harus dijalankan. Janganlah melanggar peraturan yang ada.

5. Rajin Menabung

Yang ini merupakan poin yang sangat penting untuk kesuksesan Anda merantau, dengan menyadari keterbatasan waktu di perusahaan tempat Anda bekerja, maka sebaiknya Anda harus mulai menabung dari awal Anda mendapatkan upah kerja. Menabunglah setiap bulannya, usahakan supaya Anda disiplin untuk terus menabung. Jangan membeli barang-barang yang tidak Anda butuhkan selama di perantauan.

Ingatlah selalu bahwa Anda bekerja di perantauan saat ini hanya sementara dengan sistem kontrak perusahaan. Kalau Anda tidak mempunyai persiapan tabungan, maka uang Anda akan habis begitu saja tanpa tujuan yang jelas. Tetapi Anda boleh saja memberikan sebagian penghasilan Anda untuk orang tua, dengan begitu mereka akan senang dan bangga pada Anda.

6. Hiduplah Sederhana

berkerja keras

Jika Anda ingin sukses merantau dengan sistem kontrak kerja, maka Anda harus bisa hidup dengan sederhana. Janganlah mengikuti gaya hidup yang mewah di tempat Anda merantau. Anda harus terus mengingat bahwa Anda hanya sementara di tempat perantauan Anda. Dengan kata lain, Anda disana harus mempunyai pikiran yang fokus untuk mengumpulkan uang selama Anda bekerja.

Apabila Anda selalu mengikuti gaya hidup mewah maka tabungan Anda bisa habis begitu saja, dan nantinya akan menghambat jalan kesuksesan Anda. Jadi hiduplah sederhana apa adanya.

7. Jaga Kesehatan

Tips sukses merantau selanjutnya adalah selalu menjaga kesehatan. Dimanapun kita berada sebaiknya harus selalu menjaga kesehatan. Apalagi bagi Anda yang jauh dari keluarga tinggal di perantauan tentunya harus selalu mengutamakan kesehatan. Coba Anda bayangkan jika Anda sakit, siapa yang akan merawat Anda. Jika orang tua Anda mengetahui keadaan Anda sakit seperti itu tentunya mereka akan merasa khawatir pada Anda.

Walaupun Anda mempunyai saudara di perantauan pastinya Anda akan sungkan jika selalu merepotkan mereka. Apalagi jika sakit Anda sampai mengganggu aktivitas mereka. Kemudian waktu bekerja untuk Anda juga akan terganggu bukan? Setiap perusahaan biasanya memang mempunyai ASKES, jika Anda sakit maka biaya perobatan Anda akan ditanggung oleh perusahaan. Walaupun begitu, tentunya akan lebih baik jika Anda selalu sehat dan dapat bekerja seperti biasanya.

Maka jagalah kesehatan Anda, baik dari pola makanan, keseharian Anda beraktifitas, di jalan raya supaya berhati-hati selalu dan dimanapun Anda berada utamakanlah kesehatan dan keselamatan.

8. Menjaga Diri Dengan Baik

merantau untuk bekerja

Tinggal di perantauan sudah tentu jauh dari orang tua. Jadi sebaiknya Anda harus bisa menjaga diri dengan baik. Janganlah mengikuti pergaulan yang tidak baik, misalnya sering begadang malam, mengikuti pergaulan bebas, minum minuman alkohol, memakai narkoba dll. Anda harus menjauhkan diri Anda dengan perbuatan yang bisa merugikan Anda sendiri.

Anda harus mengingat bahwa kedua orang tua Anda dirumah selalu mendoakan Anda di tempat perantauan Anda. Betapa kecewanya mereka apabila Anda terjerumus kepada perbuatan yang negatif. Jadi, jaga lah diri Anda baik-baik, kuatkan lah iman Anda supaya jangan muda tergoda hal yang bisa merusak hidup Anda.

9. Berdoa Selalu

Sebelum Anda berangkat kerja, sebaiknya Anda harus selalu berdoa supaya Anda sehat dan selalu dalam perlindunganNya. Anda juga bisa mengikuti berbagai kegiatan kerohanian disana, jika memang waktunya ada. Supaya Anda mempunyai iman yang kuat dan terhindar dari lingkungan yang bisa membuat Anda tersesat.

Anda juga boleh meminta doa kepada kedua orang tua Anda, supaya Anda sehat selalu dan diberi kekuatan untuk hidup di tempat perantauan Anda tinggal, dan sampai saatnya Anda pulang selalu dalam penyertaan-Nya. Pastinya setiap orang tua ingin anaknya agar sukses merantau dan doanya akan selalu menyertai Anda.

10. Setelah Habis Kontrak Buka Usaha Sendiri

peluang usaha

Yang ini adalah tips terakhir supaya Anda bisa sukses merantau. Setelah beberapa tahun bekerja di tempat perantauan Anda, dan kontrak kerja Anda sudah selesai, tentunya Anda sudah mempunyai tabungan bukan?

Nah… Tabungan Anda inilah yang bisa Anda pergunakan untuk modal Anda membuka usaha yang Anda inginkan supaya Anda sukses. Anda boleh memilih sesuai dengan bakat Anda, tentunya dengan kecukupan modal yang Anda punya. Misalnya Anda bisa membuka toko butik pakaian, restoran, indomaret dll. Dengan demikian Anda akan mempunyai usaha sendiri dengan modal hasil keringat Anda sendiri. Pastinya orang tua Anda akan bangga kepada anak seperti Anda.

Baca juga : 16+ Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil, Untung Besar

Itulah beberapa tips sukses merantau untuk sistem kerja kontrak yang dapat Anda coba, terlebih kepada anak perantau yang bekerja di perusahaan dengan sistem kontrak kerja beberapa tahun. Sukses butuh proses dan kesabaran, dan sukses itu milik orang yang mau berjuang dan bekerja keras, kalau memang Anda beruntung maka Anda akan sukses.

Tinggalkan komentar